Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik

Authors

  • Adib Rifqi Setiawan

Keywords:

instrumen penilaian pembelajaran; lembar kegiatan siswa; literasi saintifik; pembelajaran biologi;

Abstract

Pendekatan research and development desain four-d model digunakan untuk menyusun program pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik di topik ekologi. Data dikumpulkan melalui kajian pustaka, tabel analisis, validasi ahli, serta nilai konsistensi internal yang dianalisis secara deskriptif dan statistik. Diperoleh hasil berupa 11 lembar kegiatan siswa yang memiliki nilai keandalan beruntun sebesar 0,962; 0,710; 0,824; 0,839; 1,000; 0,839; 0,724; 0,848; 0,943; 0,932; dan 0,983 serta nilai keandalan instrumen penilaian pembelajaran sebesar 0,910 yang berarti keduanya dapat digunakan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran biologi topik ekologi dapat menjadi sarana untuk melatih literasi saintifik kepada siswa. Kami berharap bahwa penyusunan program ini tidak dianggap final, sehingga perlu dilakukan perbaikan berkelanjutan.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles