PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL SENTRA ALAM PADA KELOMPOK B DI TK KUNCUP SARI SEMARANG
Keywords:
penerapan pembelajaran, sentra alam, anak kelompok BAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model sentra. Penelitian berpusat pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran model sentra alam di TK Kuncup Sari Semarang. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yang dipilih adalah kelompok B dan sentra alam di TK Kuncup Sari Semarang. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran model sentra alam minat belajar anak meningkat, rasa ingin tahu dan keinginan anak untuk bereksplorasi meningkat, serta munculnya rasa tanggungjawab, dan rasa kerjasama antar teman. Namun penerapan pembelajaran model sentra alam pada kelompok B di TK Kuncup Sari Semarang dirasa belum maksimal, karena masih dalam proses beradaptasi menggunakan pembelajaran model sentra karena perubahann dari pembelajaran model area ke pembelajaran model sentra.