MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS SEHARI-HARI KELOMPOK A1 DI TK ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Authors

  • Aprilia Damayanti Universitas PGRI Semarang
  • Ratna Wahyu Pusari Universitas PGRI Semarang
  • Nila Kusumaningtyas Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemandirian, anak usia dini

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian anak kelompok A1 di TK Islam Hidayatullah Semarang. Peneliti ini menggunakan metode penelitian deskritif kualitatif. Subjek penelitiannya sebanyak 16 anak yang merupakan anak kelompok A1 di TK Islam Hidayatullah Semarang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membahas mengenai aspek kemandirian dalam kegiatan aktivitas sehari-hari dan menemukan beberapa strategi untuk mengenalkan dan membelajarkan kedisiplinan pada anak usia dini dengan cara membuat peraturan yang sudah disepakati bersama, melalui mencuci tangan dan makan bersama, pembiasaan dan penguatan,  serta memberikan contoh kecil kepada anak. Kemampuan kemandirian dapat dimunculkan dalam beberapa aspek emosi, intelektual dan sosial dimana anak sudah menunjukan ketidak ketergantungan kepada teman dan guru.

Author Biographies

Ratna Wahyu Pusari, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Anak Usia Dini

Nila Kusumaningtyas, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles