MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS SEHARI-HARI KELOMPOK A1 DI TK ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG
Keywords:
Kemandirian, anak usia diniAbstract
Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian anak kelompok A1 di TK Islam Hidayatullah Semarang. Peneliti ini menggunakan metode penelitian deskritif kualitatif. Subjek penelitiannya sebanyak 16 anak yang merupakan anak kelompok A1 di TK Islam Hidayatullah Semarang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membahas mengenai aspek kemandirian dalam kegiatan aktivitas sehari-hari dan menemukan beberapa strategi untuk mengenalkan dan membelajarkan kedisiplinan pada anak usia dini dengan cara membuat peraturan yang sudah disepakati bersama, melalui mencuci tangan dan makan bersama, pembiasaan dan penguatan, serta memberikan contoh kecil kepada anak. Kemampuan kemandirian dapat dimunculkan dalam beberapa aspek emosi, intelektual dan sosial dimana anak sudah menunjukan ketidak ketergantungan kepada teman dan guru.