ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELOMPOK A DI TK OASIS KIDS NATIONAL PLUS SCHOOL SEMARANG

Authors

  • Novia Nur Luthfianisa Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Setyowati DH Universitas PGRI Semarang
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang

Keywords:

media gambar, kemampuan literasi, usia 4-5 tahun

Abstract

Literasi dini merupakan suatu pembentukan keterampilan membaca dan menulis yang diketahui awal sebelum anak sekolah. Kemampuan anak dalam hal membaca karena anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi untuk mengetahui sesuatu. Literasi lebih dari sekedar membaca dan menulis namun mencakup keterampilan berfikir sesuai dengan tahapan. Proses pembelajaran yang menggunakan media gambar yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak kelompok A, dengan media gambar dapat membuat anak tertarik untuk menggunakan media. Dan dapat memberikan wawasan yang lebih luas dengan tema yang serupa. Dalam artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan literasi anak kelompok A. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian adalah menunjukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan literasi anak dalam hal membaca dan menulis.

Author Biographies

Dwi Setyowati DH, Universitas PGRI Semarang

pendidikan guru pendidikan anak usia dini

Mila Karmila, Universitas PGRI Semarang

pendidikan guru pendidikan anak usia dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles