Analisis Rasa Percaya Diri Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Kegiatan Pramuka di TK Tadika Puri Ngaliyan Semarang

Authors

  • Venna Leonita Venna Leonita Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi S.Pd., M.Pd
  • Nila Kusumaningtyas S.T., M.Pd

Keywords:

Rasa Percaya Diri, Pramuka

Abstract

Abstrak

Berdasarkan latar belakang penelitian ini banyak dijumpai di TK Tadika Puri Ngaliyan Semarang terdapat beberapa anak yang mengikuti kegiatan pramuka, tampak reaksi anak berbeda-beda salah satunya kurangnya rasa percaya diri pada anak. Fokus dalam penelitian ini adalah rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun dalam mengikuti kegiatan pramuka di TK Tadika Puri Ngaliyan Semarang, tujuannya untuk menganalisis rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan pramuka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membahas mengenai sikap percaya diri anak dalam mengikuti kegiatan pramuka yang meliputi faktor-faktor rasa percaya diri dan cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri dapat diterapkan dalam kegiatan pramuka. Kemampuan anak melalui rasa percaya diri dapat dimunculkan dalam beberapa faktor-faktor, dimana anak sudah mampu menunjukkan rasa percaya diri, kerjasama, tidak bergantung kepada guru maupun temannya dalam hal mengikuti kegiatan pramuka.

 

Kata kunci     : Rasa Percaya Diri, Pramuka.

 

Abstract

Based on the background of this research, it is often found in kindergarten Puri Tadika Ngaliyan Semarang including some children who participate in scouting activities, it seems that the child's reaction is different, one of which has a different self-confidence in children. The focus in this study is the confidence of children aged 5-6 years following the scout activities at TK Tadika Puri Ngaliyan Semarang, supporting to analyze the confidence of children aged 5-6 years through scout activities. This research uses qualitative research. Data collection methods in this study are the method of observation, interviews and documentation. This study discusses the confidence of children in scouting activities that discuss the factors of confidence and how to grow self-confidence in children. The results showed that self-confidence could be applied in scout activities. Child factors through trust can be raised in several factors, while the child is able to show self-confidence, cooperation, does not require teachers, and participation in scouting activities.

 

Keywords: Confidence, Scout.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles