PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS STEAM ( SCIENCE, TECHNOLOGY, EINGENEERING, ART, MATHEMATIC)

Authors

  • Irmayani Limbong Universitas PGRI Semarang
  • Muniroh Munawar
  • Nila Kusumaningtyas

Abstract

Abstrak

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana menjawab tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dengan mempersiapkan  anak didik untuk terus maju dan berkembang dengan  perencanaan pembelajran Abad 21 yaitu pembelajaran  berbasis STEAM (Science, Technology, Eingeneering, Art and Mathematic).  Perencanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan bermain untuk memfasilitasi anak dalam proses belajar.  Rencana pelaksanaan pembelajaran harus mengacu pada karakteristik ( usia, sosial budaya, dan kebutuhsn individu). Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan terhadap teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi lapangan dan reflektif jurnal. Perencanaan menjadi bagian terpenting dalam sebuah proses pembelajaran , yang lebih menitikberatkan pada 4C ( Communication, Collaborative, Creatical Thingking, and Creativity). Pembelajaran  berbasis STEAM (Science, Technology, Eingeneering, Art and Mathematic) ini akan membantu melatih anak untuk mampu menganalisa permasalahan-permasalahan yang ada dengan menggunakan berbagai pendekatan, baik sains, teknologi, teknik, seni maupun matematika sehingga menjadi sebuah strategi untuk mempertahankan keberlangsungan hidup nagar tetap mampu bertahan pada zaman yang serba cepat pada saat ini.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles