SENAM IRAMA SEBAGAI STIMULASI KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Ari Patma Sari Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetyowati DH Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi - Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kata Kunci: Senam Irama, Stimulasi, Kecerdasan kinestetik, Usia 5-6 tahun

Abstract

Abstrak

Kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan yang ditandai dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola obyek. Anak dengan kecerdasan kinestetik menyukai gaya belajar dengan menggunakan obyek, melakukan eksperimen dan tugas fisik yang dilakukan secara berulang. Dalam artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerakan senam irama. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Berdasarkan deskripsi kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerakan senam irama. Pada tahap awal dalam proses kegiatan senam irama dengan menyiapkan media yang akan digunakan, kemudian melakukan pengkondisian anak. Setelah melakukan kegiatan awal kemudian dilanjutkan pada kegiatan inti, anak mulai melakukan kegiatan senam irama. Setelah kegiatan senam berakhir, guru mengkondisikan anak untuk melakukan kegiatan selanjutnya. Berdasarkan hasil pengkajian pustaka yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui senam irama dapat menstimulus kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun. Senam irama dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan kinestetik pada anak. Untuk mendapatkan hasil yang lebih valid akan dilakukan pengkajian lebih dalam.

Kata Kunci: Senam Irama, Stimulasi, Kecerdasan kinestetik, Usia 5-6 tahun

Author Biographies

Dwi Prasetyowati DH, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 

Purwadi -, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles