FUNNY ANIMAL DANCE GAME “STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK ANAK DI ERA SOCIETY 5.0”

Authors

  • muryaningsih muryaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Ismatul Khasanah Universitas PGRI Semarang
  • Ellya Rakhmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Funny Animal Dance, Stimulasi, Kemampuan Motorik, Era Society 5.0

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan mengkaji lebih dalam tentang stimulasi kemampuan motorik anak di era society 5.0 melalui permainan modern Funny Animal Dance. Permainan modern era sekarang ini yang sering dimainkan oleh anak-anak lebih cenderung mengasah kemampuan otak daripada kemampuan otot, oleh karena itu disarankan memperkenalkan pada anak mengenai jenis-jenis permainan yang melatih kekuatan otot-otot mereka. Permainan modern yang dimainkan melalui gadget umumnya akan menarik perhatian anak-anak karena memiliki suara dan gambar yang telah didesain sedemikian rupa. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Funny Animal Dance dapat memberikan kontribusi kepada anak usia dini diantaranya berupa: 1) melatih kemampuan motorik anak; 2) menggali kreatifitas anak; 3) meningkatkan kepercayaan diri anak; 4) anak dapat mengelola emosi; 5) anak dapat menghargai prestasi orang lain; dan 6) anak belajar bersikap demokratis.

Author Biographies

Ismatul Khasanah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Ellya Rakhmawati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles