PERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME ANAK USIA DINI DI TK ISLAM HIDAYATULLAH

Authors

  • Lutfiatul Insyiroh Universitas PGRI Semarang

Keywords:

perencanaan, media, konstruktivisme

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses perencanaan media pembelajaran berbasis konstruktivisme anak usia dini di TK Islam Hidayatullah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki tiga hasil. 1. Identifikasi kebutuhan media merupakan proses mengetahui kebutuhan-kebutuhan media yang ada di lingkungan sekolah yang dapat membantu anak membangun pengetahuannya sendiri atau konstruktivis yang di rumuskan melalui observasi atau pengamatan, wawancara atau diskusi tentang masalah pendidikan khususnya masalah yang berkenaan dengan proses pembelajaran serta penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran anak. 2. Pemerolehan data adalah hasil dari identifikasi kebutuhan media agar guru dapat mengetahui jenis-jenis media pembelajaran yang dibutuhkan untuk program pembelajaran. 3. Bahan pertimbangan media merupakan hasil akhir dari identifikasi kebutuhan media serta pemerolehan data yang dipertimbangkan untuk merencencanakan pengadaan media pembelajaran.

 

Kata kunci : perencanaan, media, konstruktivisme

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles