ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA PEMBELAJARAN TARI KELOMPOK B (USIA 5-6 TAHUN) DI TKIT NURUL ILMI SEMARANG
Keywords:
Aspek Perkembangan, Sosial Emosional, TariAbstract
Abstrak
Berdasarkan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Bab I Pasal I Nomor 10 menyatakan Pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rancangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dalam perkembangannya, anak usia dini memerlukan stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan pada semua aspek perkembangan. Asspek perkembangan sosialemosional merupakan salah satu poin penting yang perlu distimulasi dari kesemua aspek perkembangan yang ada. Ketuntasan perkembangan aspek sosialemosional anak sejak dini berpengaruh besar terhadap perkembangan emosi dan sosial anak di masa mendatang. Maka dari itu melalui pembelajaran tari yang ditawarkan ini diharapkan dapat mengoptimalkan aspek perkembangan sosialemosional anak diantaranya khususnya berkaitan dengan bermacam perasaan, perubahan perasaan, membuat pertimbangan/ membuat keputusan serta kepercayaan diri.
Kata Kunci: Aspek perkembangan, sosial emosional, tari.
Abstract
Based on Permendikbud Number 137 of 2014 concerning National Standards for Early Childhood Education Chapter I Article I Number 10 states that Early Childhood Education is a coaching effort aimed at children from birth until the age of 6 (six) years which is carried out through the provision of educational designs to help growth and physical and spiritual development so that children have readiness to enter further education. In its development, early childhood requires proper stimulation to optimize development in all aspects of development. The aspect of socialemosional development is one important point that needs to be stimulated from all aspects of existing development. Completeness of the development of children's social-emotional aspects from an early age greatly influences children's emotional and social development in the future. Therefore through this dance learning offered, it is expected to be able to optimize aspects of children's social emotional development, especially those related to various feelings, changes in feelings, making judgments / making decisions and self-confidence.
Keywords: Developmental aspects, social emotional, dance