Kesadaran Metakognisi Siswa Pada Pembelajaran Fisika Berbasis E-Learning melalui Edmodo di SMA Negeri 1 Randudongkal

Authors

  • Sinta ayu pupuh nurchikmah Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Sigit Ristanto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kesadaran Metakognisi, Pembelajaran Fisika, E-learning.

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rekognisi kesadaran metakognisi siswa pada pembelajaran fisika berbasis E-learning melalui Edmodo  di SMA Negeri 1 Randudongkal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Randudongkal sebanyak 176  siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 70 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah angket kesadaran metakognisi yang terdiri dai 2 komponen yaitu pengetahuan metakognitif dan regulasi kognisi. Hasil analisis deskriptif secara umum menunjukan bahwa kesadaran metakognisi siswa di SMA Negeri 1 Randudongkal berada pada kategori tinggi. Analisis kesadaran metakognisi siswa secara khusus diperoleh hasil rata – rata kesadaran metakognisi pada komponen pengetahuan metakognisi pada aspek pengetahuan deklaratif (deklaratif knowledge) berada pada kategori tinggi, padaa aspek pengetahuan prosedural (procedural knowledge) berada pada kategori tinggi, dan pada aspek pengetahuan kondisional ( conditional knowledge) berada pada kategori tinggi. Sedangkan  pada komponen regulasi kognisi pada aspek perencanaan (planning) berada pada kategori sedang, pada aspek strategi manajemen informasi (information management strategies) berada pada kategori tinggi, pada aspek pemantauan pemahaman (comprehension monitoring) berada pada kategori tinggi, pada aspek perbaikan (debugging strategies) berada pada kategori sedang dan pada aspek evaluasi (evaluation) berada pada kategori sedang.

Kata kunci: Kesadaran Metakognisi, Pembelajaran Fisika, E-learning.

Abstract. This study aims to determine the recognition of students' metacognition awareness in physics learning based on E-learning through Edmodo at SMA Negeri 1 Randudongkal. The method used in this research is descriptive quantitative research. The population in this study were students of class XI MIPA SMA Negeri 1 Randudongkal as many as 176 students. The sample used in the study was 70 students who were determined using purposive sampling technique. The instrument used is a metacognitive awareness questionnaire which consists of 2 components, namely metacognitive knowledge and cognitive regulation. The results of the descriptive analysis generally show that the metacognitive awareness of students at SMA Negeri 1 Randudongkal is in the high category. The analysis of students' metacognition awareness specifically obtained the average results of metacognitive awareness on the component of metacognitive knowledge in the declarative knowledge aspect including in the high category, in the procedural knowledge aspect in the high category, and in the conditional knowledge aspect. knowledge) is included in the high category. Meanwhile, the components of cognitive regulation in planning aspects are included in the medium category, information management strategies are included in the high category, comprehension monitoring is included in the high category, and debugging strategies are included in the aspect of improvement. ) is included in the medium category and the evaluation aspect is included in the medium category.

Keywords: Metacognition Awareness, Physics Learning, E-learning.

Downloads

Published

2022-12-25