..:: MENU UTAMA ::.. |
TERM OF REFERENCE (TOR) |
Tujuan |
Keynote Speakers |
Lingkup Materi |
Jadwal dan Tempat Pelaksanaan |
Rundown Kegiatan |
Pendaftaran |
manuscript |
Current Issue
Articles
Pendidikan fisika memiliki karakteristik bidang ilmu berdasarkan teori dan aplikasi. Penyelenggaraan pendidikan fisika salah satu bentuknya dalam pembelajaran fisika diupayakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, menumbuhkan rasa ingin tahu, membangun sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Implementasi pembelajaran ini dapat berbentuk inovasi pembelajaran fisika sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEK khususnya green technology yang mengarah pada penelitian ilmu fisika dan pendidikan fisika untuk menghadapi tantangan Era Society 5.0.
Terjadi perubahan pendidikan di abad 20 dan 21. Pada 20th Century Education pendidikan fokus pada anak informasi yang bersumber dari buku. Serta cenderung berfokus pada wilayah lokal dan nasional. Sementara era 21th Century Education, fokus pada segala usia, setiap anak merupakan di komunitas pembelajar, pembelajaran diperoleh dari berbagai macam sumber bukan hanya dari buku saja, tetapi bias dari internet, berbagai macam platform teknologi & informasi serta perkembangan kurikulum secara global, Di indonesia dimaknai dengan merdeka belajar.
Relevan dengan pembelajaran fisika, untuk memberi ruang kepada perserta didik untuk menemukan konsep pengetahuan dan kreativitas. Pendidik boleh memilih berbagai model pembelajaran seperti discovery learning, project based learning, problem based learning, dan inquiry learning. Dari berbagai model tersebut mendorong perseta didik untuk membangun kreativitas serta berpikir kritis.