Profil Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK) Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Kegiatan PPL

Authors

  • Maya Maya Shofani UIN Walisongo Semarang
  • A Fadllan UIN Walisongo Semarang
  • Istikomah UIN Walisongo Semarang

Keywords:

Tingkat Kemampuan , TPaCK, Mahasiswa Pendidikan Fisika

Abstract

Integrasi pegetahuan teknologi, pedagogi dan konten disebut dengan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPaCK). Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran untuk mengetahui tingkat kemampuan TPaCK mahasiswa pendidikan fisika UIN Walisongo Semarang dalam kegiatan PPL. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan  jenis penelitian survey. Reponden penelitian ini berjumah 40 mahasiswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling kuota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memiliki kemampuan TK (Technological Knowledge) kategori sangat tinggi (90,68%), PK (Pedagogical Knowledge) sangat tinggi (86,19%), CK (Content Knowledge) tinggi (81,42%), TCK (Technological Content Knowledge) sangat tinggi (89,42%), PCK (Pedagogical Content Knowledge)  sangat tinggi (84,67%), TPK (Technological Pedagogical Knowledge) sangat tinggi (89,75%) dan  TPaCK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Tinggi (76,50%).

Downloads

Published

2022-12-25