META ANALISIS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA FISIKA

Authors

  • Siti Nur Hidayah Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Projek Based Learning, Berpikir kreatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model  Projek based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Fisika. Jenis penelitian ini adalah meta-analisis. Meta-analisis adalah proses penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan cara merangkum, mengkaji dan menganalisis data dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Sampel penelitian ulang terdiri dari 50 artikel yang sudah memiliki ISSN. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menghitung effect size dari setiap artikel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model projek based leraning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dapat disimpulkan. Pertama, pembelajaran menggunakan model Project Based Learning sangat berpengaruh baik bagi peserta didik pada jenjang SMA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika, kedua dilihat dari subjek materi pelajaran project based learning lebih berpengaruh pada materi induksi elektromagnetik

Downloads

Published

2022-12-15