Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Pamungkas Wihono UPGRIS
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, kelompok, hasil belajar

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran di mana siswa berinteraksi dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik untuk mencapai tujuan bersama. Peserta didik perlu dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Meta-analisis adalah metode yang digunakan selama penelitian. Artinya, analisis hasil penelitian yang dipublikasikan secara nasional tentang penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pelajaran fisika. Survei ini dilakukan dengan mengumpulkan 16 hasil survei berupa artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2015 hingga 2020. Alat tulis terdiri dari lembaran yang merangkum tanggal dan informasi jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif sangat sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dalam kategori dengan nilai effect size 1,84 atau sangat tinggi.

 

Downloads

Published

2022-12-27