Pengembangan Lembar Kerja Pembuatan Grafik Gerak Lurus Berbantuan Simulasi Scratch untuk Siswa SMA/MA
Keywords:
LKS, Pembelajaran Fisika, ScratchAbstract
Abstrak
Kurang tersedianya sumber belajar yang menggunakan teknologi dan minimnya siswa dalam pembuatan grafik, sehingga diperlukan sumber belajar `dengan teknologi yang mampu merangsang kemampuan siswa dalam pembuatan grafik. Maka LKS pembelajaran fisika berbantuan simulasi Scratch dapat mengatasi masalah yang ada. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan, menguji kelayakan, dan mengetahui respon siswa terhadap LKS pembelajaran fisika berbantuan simulasi Scratch. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi untuk ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan angket respon siswa. Hasil penilaian dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa yang berupa data kuantitatif dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilian ideal untuk menentukan kualitas produk, dan untuk menganalisis data dari siswa digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang didapat yaitu produk dengan konten pengenalan Scratch, Instalasi Scratch, fitur dan komponen Scratch, materi glb dan glbb, evaluasi dan project. Hasil pengembangan menurut ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing 88,19%, 90%, dan 89,06%. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa siswa memberikan respon setuju terhadap LKS dengan persentase keidealan sebesar 90,21%. LKS dapat diterima siswa dan digunakan sebagai sumber media pembelajaran di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lontar Physics Forum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.