Need assessment pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa
Keywords:
Kemampuan Berpikir Komputasi (Computational Thinking), Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran, Pembelajaran IPA SMP Negeri se-kota SemarangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa dengan manfaat sebagai tolak ukur dikembangkannya model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa SMP Negeri di kota Semarang. Sampel penelitian ini adalah 30 Guru SMP dan MTs Negeri di Kota Semarang. Data diambil menggunakan instrumen angket respons guru mapel IPA. Hasil dari penelitian ini adalah persentase kebutuhan pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa adalah sebesar 71,93 %. Kesimpulan, kebutuhan pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk kemampuan berpikir komputasional siswa berada pada kriteria tinggi.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Komputasi (Computational Thinking), Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran, Pembelajaran IPA SMP Negeri se-kota Semarang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lontar Physics Forum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.