Need assessment pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa

Authors

  • Millenda Rabania Putri UPGRIS
  • Sigit Ristanto Universitas PGRI Semarang
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI Semarang
  • Ernawati saptaningrum Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan Berpikir Komputasi (Computational Thinking), Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran, Pembelajaran IPA SMP Negeri se-kota Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa dengan manfaat sebagai tolak ukur dikembangkannya model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa SMP Negeri di kota Semarang. Sampel penelitian ini adalah 30 Guru SMP dan MTs Negeri di Kota Semarang. Data diambil menggunakan instrumen angket respons guru mapel IPA. Hasil dari penelitian ini adalah persentase kebutuhan pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa adalah sebesar 71,93 %. Kesimpulan, kebutuhan pengembangan model pembelajaran yang bertujuan untuk kemampuan berpikir komputasional siswa berada pada kriteria tinggi.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Komputasi (Computational Thinking), Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran, Pembelajaran IPA SMP Negeri se-kota Semarang

Downloads

Published

2022-12-27