Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran untuk Penguasaan Literasi Sains Siswa SMP Negeri Di Kota Semarang

Authors

  • Novita Eka Putri Universitas PGRI Semarang
  • Affandi Faisal Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Ernawati saptaningrum Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Penguasaan, Literasi Sains, Pengembangan Model Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan model
pembelajaran untuk penguasaan literasi sains siswa SMP Negeri di Kota Semarang. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Sampel pada
penelitian ini yaitu sebanyak 33 guru mata pelajaaran IPA terpadu pada 15 dari 45 SMP Negeri
di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket kuesioner
yang diberikan secara daring melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kebutuhan pengembangan model pembelajaran untuk penguasaan literasi sains siswa
SMP Negeri di kota Semarang dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 80,01%. Dari
empat komponen literasi sains, hanya satu komponen yang berada pada kategori sedang yaitu
penguasaan literasi sains siswa menurut guru dengan persentase 67,06%, tiga komponen berada
dalam kategori tinggi yaitu pemahaman guru mengenai literasi sains dengan persentase 81,82%,
kebiasaan mengajar guru dalam upaya meningkatkan penguasaan literasi sains dengan
persentase sebesar 72,12%, dan guru berpendapat siswa perlu pengembangan inovasi
pembelajaran literasi sains dengan persentase sebesar 98,50%. Simpulan dari penelitian ini
adalah kebutuhan pengembangan model pembelajaran untuk penguasaan literasi sains siswa
SMP Negeri di Kota Semarang memiliki kategori tinggi.

Downloads

Published

2022-12-27