Sistematic review riset adaptive learning dalam pendidikan fisika di Indonesia
Keywords:
Adaptive learning, sistematic reviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan topik publikasi dan minat penelitian berdasarkan kata kunci penulis dalam analisis berdasarkan co-occurrence analysis dari database scopus pada penelitian adaptive leaning dalam pendidikan fisika. Studi ini menggunakan metode sistematic review dengan sumber data utama yaitu artikel dari jurnal ilmiah dan prosiding yang terindeks scopus sejak tahun 2013 hingga 2022. Pembatasan kata kunci difokuskan pada pembelajaran adaptive dengan topik fisika di Indonesia. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat lima kluster utama yang berkaitan dengan adaptive learning yaitu machine learning, deep learning, algoritma, calculation, dan student. Berdasarkan hasil analisis kebaruan, area yang menjadi tren penelitian dalam ranah riset pendidikan adalah independet learning, instructional design, dan kurikulum untuk mengoptimalkan adaptive learning. Hasil studi ini dapat menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya yang berfokus untuk mengembangkan dan mengoptimalkan potensi adaptive learning di Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lontar Physics Forum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.