Autonomy Based STEM Learning: Peluang dan Hambatan Implementasinya di Era Industri 4.0

Authors

  • Suyidno
  • S Mahtari
  • J Siswanto

Keywords:

Projek Based Learning, Berpikir kreatif.

Abstract

Di era industri 4.0; pengembangan STEM learning menjadi kebijakan utama bagi dunia pendidikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, implementasinya dalam pembelajaran abad 21 adalah tidak mudah. Oleh karena itu, penelitian ini akan menganalisis peluang implementasi Autonomy Based STEM Learning (A-STEM Learning) di era industri 4.0 beserta hambatannya. Penelitian ini menggunakan one group pre-test posttest design. Subyek penelitian adalah 29 mahasiswa pendidikan fisika yang memprogram mata kuliah dasar-dasar pendidikan fisika, yang terbagi dalam 2 kelompok. Pengumpulan data menggunakan tes literasi STEM dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan implementasi A-STEM learning mampu meningkatkan rerata nilai literasi S-T-E-M yang awalnya cukup baik menjadi baik. Sayangnya, beberapa mahasiswa kurang memahami konten dan pedagogis STEM, kesulitan melakukan rekayasa produk, serta kurang kerja keras, pantang menyerah, dan tanggung jawab mahasiswa juga mempengaruhi kesuksesan dalam belajar. Namun demikian, hasil uji n-gain menunjukkan bahwa peningkatan literasi STEM pada kedua kelompok dalam kriteria sedang. Diperoleh simpulan bahwa A-STEM learning berpeluang sebagai alternatif pendekatan pembelajaran di era industri 4.0.

Downloads

Published

2022-12-25