Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Menggunakan Four Tier Test dengan Pemodelan Rasch

Authors

  • Dilmatin Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andhy Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Abstrak. Analisis pemahaman konsep dengan tes diagnostic four tier pada materi fluida belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi fluida menggunakan pemodelan rasch. Model penelitian yang digunakan model 4D (Define, Design, Development, and Dissemite). Partisipan penelitian uji pemamahan konsep ini melibatkan 30 siswa (8 laki-laki dan 22 perempuan, rata-rata berusia 15-16 tahun) yang berasal dari salah satu SMAN di kabupaten Brebes. Instrumen penelitan berupa soal fluida pilihan ganda berbentuk empat tingkat (four tier test) yang disebarkan kepada siswa dan diisi secara online melalui google form. Hasil penelitian identifikasi pemahaman konsep siswa pada materi fluida masih dalam kategori rendah yang ditunjukkan pada wright map sebagian besar siswa berada di bawah nilai logit 0,0. Analisis pemahaman konsep siswa dengan pemodelan rasch mampu menganalisis dengan baik, sehingga dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep, analisis rasch, fluida

Downloads

Published

2025-04-28