Kajian Literatur: Metode Problem-Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika
Keywords:
Problem-Based Learning, keterampilan pemecahan masalah, pembelajaran fisikaAbstract
Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk mengkaji literatur terkait metode Problem-Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran fisika. Metode PBL, yang berfokus pada pemecahan masalah nyata dan relevan, telah banyak digunakan sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kajian ini dilakukan dengan menganalisis berbagai penelitian sebelumnya yang mengimplementasikan metode PBL dalam pembelajaran fisika di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis sumber literatur yang diperoleh dari berbagai database akademik seperti Google Scholar dan Crossref. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika. Kesimpulannya, metode Problem-Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Forum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.