Kajian Literatur: Metode Problem-Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • Khofifah Arum Sari Sari Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Kurniawan
  • Joko Siswanto

Keywords:

Problem-Based Learning, keterampilan pemecahan masalah, pembelajaran fisika

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk mengkaji  literatur terkait metode Problem-Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran fisika. Metode PBL, yang berfokus pada pemecahan masalah nyata dan relevan, telah banyak digunakan sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kajian ini dilakukan dengan menganalisis berbagai penelitian sebelumnya yang mengimplementasikan metode PBL dalam pembelajaran fisika di tingkat sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis sumber literatur yang diperoleh dari berbagai database akademik seperti Google Scholar dan Crossref. Hasil dari kajian literatur menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika. Kesimpulannya, metode Problem-Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Published

2024-12-31