Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA melalui Model Problem Based Leraning Berorientasi Profil Pelajar Pancasila (PBL-PPP) pada Materi Suhu dan Kalor
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA yang menerapkan model Problem Based Learning berorientasi Profil Pelajar Pancasila terhadap kelas XI pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IKM SMAN 1 Petarukan. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI IKM 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IKM 6 sebagai kelas kontrol. Terdapat perbedaan yang signifikan pada skor posttest kedua kelas dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,026 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan besar pengaruh model PBL-PPP yaitu 0,565 dalam kategori sedang. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,56 dan skor N-Gain kelas kontrol 0,44 dalam kategori sedang. Rata-rata respon peserta didik pada setiap aspek sebesar 72,75% kategori positif terdiri dari aspek tanggapan peserta didik terhadap model PBL-PPP, minat terhadap model PBL-PPP, tanggapan terhadap berpikir kritis, dan tanggapan terhadap materi. Model PBL-PPP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Forum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.