Analisis Kemampuan Kognitif Level Tinggi melalui Pembelajaran STEM-DCP (Digital Creativity Project) Berbantuan Video Proyek
Keywords:
Kemampuan kognitif level tinggi, STEM-DCP, Video proyekAbstract
Video pembelajaran menjadi elemen penting dalam memberikan pengalaman belajar yang efektif pada pembelajaran proyek. Video proyek sebagai keterampilan yang dapat menunjukkan kreativitas mahasiswa dan kemampuan level kognitif yang dimiliki secara individu maupun kelompok. Penelitian ini menggunakan mixed methods, desain penelitian Exploratory Development Model (Quan Emphasized). Sampel penelitian terdiri dari 38 mahasiswa melalui pemilihan sampel teknik purposive sampling, kelompok eksperimen berjumlah 20 mahasiswa dan kelompok kontrol 18 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEM-DCP melalui video proyek menghasilkan kemampuan kognitif level tinggi yang lebih baik dibandingkan video monolog pada pembelajaran optik, baik pembelajaran yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Penelitian ini menunjukkan bahwa video proyek sebagai format pembelajaran STEM-DCP yang inovatif dan efektif untuk diterapkan secara luas di berbagai domain STEM. Video proyek mengharuskan mahasiswa untuk terlibat secara konstruktif dan interaktif sesuai dengan langkah pembelajaran STEM-DCP.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lontar Physics Forum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.