ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Olfiana Dapa Kambu Universitas Sanata Dharma
  • Mariana Marta Towe Universitas Sanata Dharma

Keywords:

PBM, Penelitian Desain, Proses Pembelajaran, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain untuk mendesain lintasan belajar mengenai materi bangun ruang sisi datar, kubus. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIID pada salah satu SMP di Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok. Metode bantu berupa tes tertulis, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis proses pembelajaran ditunjukkan bahwa desain pembelajaran (HLT) yang disusun secara umum sudah sesuai dengan kelima sintax dari pembelajaran berbasis masalah namun proses pembelajaran yang berlangsung secara umum belum sesuai desain pembelajaran yang telah di susun, walaupun ada beberapa bagian yang sesuai. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa  di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk tujuan pembelajaran yang pertama dalam penelitian ini, dari 13 siswa yang mengikuti tes, hanya terdapat satu siswa yang tidak memenuhinya. Hal ini menunjukkan bahwa siswa VIIID sudah mampu menentukan unsur-unsur sebuah kubus setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah. Pada tujuan pembelajaran yang kedua, ada siswa yang memenuhi tujuan ini namun ada juga siswa yang tidak mampu memenuhinya. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan sudah berhasil untuk sebagian siswa sedangkan untuk sebagian siswa yang lain belum berhasil. Peneliti beranggapan bahwa hal ini diakibatkan waktu penelitian yang sangat singkat, jam pelajaran yang juga sangat padat. Sehingga jika jam pelajaran yang disediakan untuk menerapkan PBM ini lebih banyak lagi, maka besar kemungkinan semua siswa akan mampu memenuhi tujuan pembelajaran ini.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Kambu, O. D., & Towe, M. M. (2019). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 492–504. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/100

Issue

Section

Articles