PERAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI ERA DISRUPSI

Authors

  • Rasiman Rasiman Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang

Keywords:

disrupsi, berpikir kritis, pembelajaran matematika

Abstract

Era Disrupsi adalah suatu era dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital. Tantangan yang harus dihadapi dalam perubahan hidup di era disrupsi ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mampu   bersaing di era tersebut serta perlunya penguatan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik. Pendidikan merupakan usaha sadar suatu generasi untuk membangun pengetahuan, sikap dan   keterampilan pada generasi berikutnya agar mereka siap menghadapi tantangan hidup pada jamannya. Makalah ini memberi penguatan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibutuhkan generasi saat ini untuk hidup di era disrupsi ini dapat diperoleh melalui pembelajaran matematika.   Penguatan ini dilakukan dengan mengkaji tujuan pembelajaran matematika yang termuat dalam kurikulum 2013 salah satu diantaranya adalah kemampuan memecahkan masalah matematika. Sehingga kemampuan-kemampuan tersebut diintegrasikan dan diimplemantasikan dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Rasiman, R. (2019). PERAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI ERA DISRUPSI. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 1–5. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/32

Issue

Section

Articles