Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajarkan dengan Model Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Think Pair Share Kelas VIII MTs Hifzil Qur’an

Authors

  • Nurul Aulia Universitas Negeri Medan
  • Indhi Kharisma Universitas Negeri Medan
  • Dini Safitri Al Karim Universitas Negeri Medan
  • Ulfy Rahmadani Universitas Negeri Medan

Keywords:

Mathematical Problem Solving Ability, Mathematical Communication Skills, Problem Based Learning Learning Model, Cooperative Learning Model Think Pair Share Type

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Asrul., Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Citapustaka Media.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.Lestari,

Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Graha Ilmu.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika. Perdana Publishing.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. PT Refika Aditama.

Hidayah, M. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 1 Teras Tahun 2014/2015. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/33199/21/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Jaya, I & Ardat. (2013). Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Citapustaka Media Perintis.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Lubis, M. S. (2016). Telaah Kurikulum. Perdana Publishing.

Sabirin, M. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi dan Representasi Matematis Siswa SMP. (Thesis Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/8048/

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Grup.

Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka.

Winanti, K., Yuliani, Y., & Agoestanto, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA N 5 Semarang Melalui Model PBL Materi Transformasi Geometri. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 197-204.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuk Linggau, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2 (2), 118-129.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Aulia, N. ., Kharisma, I. ., Al Karim, D. S. ., & Rahmadani, U. . (2022). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajarkan dengan Model Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Think Pair Share Kelas VIII MTs Hifzil Qur’an. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 175–180. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3302

Issue

Section

Articles