DESAIN PEMBELAJARAN REPRESENTASI FUNGSI DARI KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA KELAS VIII

Authors

  • Nurul Hidayah Pendidikan Matematika, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Pendidikan Matematika, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Irkham Ulil Albab Pendidikan Matematika, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Fungsi, RME (Realistic Mathematics Education), Design Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami materi fungsi terutama fungsi linier dengan menggunakan pendekatan RME pada kelas VIII. Design research dipilih sebagai jenis metode penelitian untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam penelitian ini, serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis proses pembelajaran siswa. Pada penelitian ini terdapat 2 siklus, siklus 1 melibatkan 6 orang siswa dan siklus 2 melibatkan 33 orang siswa serta seorang guru model di SMP Negeri 1 Limbangan. Analisis pada penelitian ini difokuskan untuk menjawab pertanyaan penelitian, yaitu peran dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam membantu siswa memahami konsep fungsi, mengapa Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berperan dalam memahami konsep fungsi dan strategi yang digunakan siswa terhadap Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang diberikan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory (HLT), siswa dapat 1) mengubah masalah kontekstual ke dalam bentuk representasi matematis, 2) menemukan sendiri rumus fungsi melalui bentuk representasi, 3) menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari yang terkait dengan fungsi. Hal tersebut bisa terjadi karena ada faktor-faktor yang mempengaruhi seperti, 1) penggunaan konteks, 2) penggunaan model, 3) penggunaan kontribusi siswa, 4) interaktivitas, 5) keterkaitan antar materi. Kemudian strategi yang digunakan oleh siswa terhadap lintasan belajar tersebut antara lain: 1) menggunakan kemampuan representasi visual berupa tabel, kemudian menuliskan kesimpulan sesuai dengan tabel yang diperoleh (representasi kata-kata); 2) menggunakan kemampuan representasi visual berupa tabel dan grafik; 3) mengubah hasil representasi visual menjadi bentuk persamaan; 4) menerapkan rumus yang sudah diperoleh pada setiap permasalahan.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Hidayah, N., Nugroho, A. A., & Albab, I. U. (2019). DESAIN PEMBELAJARAN REPRESENTASI FUNGSI DARI KEHIDUPAN SEHARI-HARI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA KELAS VIII. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 61–72. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/41

Issue

Section

Articles