KEMAMPUAN GENERALISASI POLA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARZANO

Authors

  • Siti Dinarti Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Jombang
  • Oemi Noer Qomariyah Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Jombang

Keywords:

generalisasi pola, taksonomi Marzano

Abstract

Belajar mendeskripsikan, mengartikan, dan memperluas pola adalah bagian dari matematika dan berpikir aljabar. Dalam penelitian ini generalisasi berarti mencari pola dan hubungan yang lebih luas serta membuat koneksi dalam berbagai tingkat pemikiran matematis. Mengembangkan kemampuan generalisasi siswa dianggap sebagai salah satu tujuan utama matematika. Kemampuan membuat generalisasi pola melibatkan sejumlah proses atau tahapan, yaitu menyelidiki pola, mewakili generalisasi pola, menafsirkan dan menerapkan persamaan. Penelitian ini dilakukan terhadap 3 siswa SMP Negeri 2 Trowulan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan generalisasi pola siswa. Data penelitian diperoleh dari respon tertulis pengerjaan instrumen generalisasi pola serta hasil wawancara secara mendalam. Kemampuan generalisasi pola siswa dianalisis dengan menggunakan Taksonomi Marzano yang memiliki 3 sistem yaitu sistem diri (apakah siswa terlibat dalam masalah), metakognitif (bagaimana siswa memahami masalah dan membuat garis besar ide untuk menyelesaikan masalah), dan kognitif (bagaimana pemrosesan pengetahuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Level dalam Taksonomi Marzano yaitu retrieval, comprehension, analysis, utilization. Penelitian ini mengungkapkan bahwa setiap subjek melalui ketiga sistem dengan cara yang berbeda. Subjek 1  melampaui level 1-5 terbukti dengan berhasilnya subjek mendapatkan bentuk umum dari permasalahan yang disajikan. Subjek 2 cenderung menghindari penggunan variabel pada awal pengerjaan, kemudian mulai berani  menggunakan variabel pada pemasaalah kedua. Namun subjek 2 belum mampu melewati level ulitization pada ketiga permasalahan. Subjek 3 lebih tertantang untuk menggunakan variabel sejak awal penyelesaian permasalahan. Oleh karena itu didapatkan salah satu implikasi penelitian ini untuk pembelajaran yakni pentingnya menyajikan permasalahan yang berguna untuk merangsang kemampuan matematis  siswa sebelum memulai pembelajaran.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Dinarti, S., & Qomariyah, O. N. (2019). KEMAMPUAN GENERALISASI POLA SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI MARZANO. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 177–197. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/56

Issue

Section

Articles