PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TAMASA (TABLOID MATEMATIKA SISWA) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
Keywords:
Pengembangan, Tabloid, Hasil BelajarAbstract
Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan siswa yang diperoleh setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan pengetahuan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penelitian dilatar belakangi hasil obsevasi yaitu keterbatasan buku pembelajaran (modul) menyebabkan pembelajaran yang monoton menyebabkan kurangnya minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Peneliti berinisiatif melakukan inovasi pembelajaran yaitu mengembangkan media pembelajaran TAMASA (Tabloid Matematika Siswa) dengan pendekatan kontekstual materi segiempat dengan itu pembelajaran tidak monoton sehingga meningkatkan minat belajar siswa yang menuntun siswa lebih aktif belajar mandiri. Peneliti bertujuan memperoleh tabloid layak digunakan, mengetahui keefektifan dan kepraktisan penggunaan tabloid di SMP N 9 Semarang. Jenis metode yang digunakan adalah 4-D yang terdiri dari 4 tahap: (1) tahap (Define), (2) tahap (Design), (3) tahap (Develop), dan tidak sampai (4) tahap (Disseminate) dengan beberapa penyesuaian. Hasil pengembangan menyatakan tabloid matematika valid digunakan dievaluasi oleh ahli materi sebesar 82,67%, ahli media sebesar 76%, menyatakan tabloid matematika ini efektif dengan rata-rata ketuntasan belajar melebihi KKM sebesar 86,67%, menyatakan tabloid matematika praktis dengan hasil angket siswa kelompok kecil sebesar 89,85%. Berdasarkan hasil penelitian yang peroleh dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan pembelajaran Matematika.