PROFIL PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP KANISIUS KALASAN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Keywords:
penalaran, pemecahan masalah matematika, genderAbstract
Berdasarkan pengamatan, siswa cenderung menghafal rumus tanpa mengetahui dan memahami konsep dari materi tersebut. Siswa seringkali mengabaikan proses – proses dalam menemukan suatu konsep. Siswa tidak dapat membuktikan suatu konsep dengan baik dan benar, dan siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memeriksa kebenaran suatu argument. Hal ini berdampak siswa kurang antusias dalam belajar dan kurang memaknai pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil penalaran siswa SMP Kanisius Kalasan dalam pemecahan masalah ditinjau dari perbedaan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Tempat penelitian ini yaitu SMP Kanisius Kalasan. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Kanisius Kalasan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes ( tes pemecahan masalah) dan non tes (wawancara). instrumen pendukung yang digunakan adalah Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM), dan Pedoman Wawancara (PW). Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada bulan april 2019. Hasil penelitian diperoleh bahwa kedua siswa tersebut dalam kemampuan penalaran untuk memecahkan masalah statistika, memiliki kemampuan penalaran yang berbeda. Subjek CWF dengan gender perempuan lebih mampu menuntaskan keenam indikator kemampuan penalaran dibandingkan dengan subjek TAS yang memiliki gender laki – laki hanya mampu menuntaskan tiga dari enam indikator kemampuan penalaran.