STUDI LITERATUR: MODEL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KONSEP DIRI SISWA

Authors

  • Anidha Dewi Nafla Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Game-Based Learning, Understand Mathematical Concepts, Self Concept

Abstract

Students' ability to understand mathematical concepts in Indonesia still tends to be low. Students' ability to understand mathematical concepts is used as a basis for students to understand subsequent materials that are related to each other. There is a need for innovation that can help improve these abilities, one of which is the game-based learning model. This research aims to describe a game-based learning model to improve the ability to understand concepts in terms of self-concept. The research method used is a literature study that analyzes various sources related to the topic. The data analysis technique consists of four stages, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The study results show that the game-based learning model positively affects students' ability to understand mathematical concepts, so it can be an interactive learning innovation to improve this ability. Apart from that, self-concept also has a positive influence on students' ability to understand mathematical concepts. Further research needs to be carried out to determine students' ability to understand mathematical concepts, which are reviewed using self-concept and a game-based learning model directly implemented with students.

References

Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 879–891. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2

Arafah, N., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. (2024). Analisis Perbedaan Self-Concept Matematis Siswa SMA Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Didactical Mathematics, 6(1), 40–47. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

Ardani, R. A., & Salsabila, N. H. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME : DAPATKAH MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ? Mathematic Education And Aplication, 2(2), 8–17.

Asri, D. N., & Sunarto. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24176/jkg.v6i1.4091

Astuti, W. W., Yahya, M., Santrianti, I., & Syamsinar. (2023). EFEKTIVITAS APLIKASI WORDWALL PADA HASIL BELAJAR IPS SISWA 1*. 4(1), 23–28. http://jurnal.untan.ac.id/pkp/indeks/EduNaturalia

Aulia, L., Aniswita, Isnaniah, & Risnawita. (2022). Hubungan Self Concept Dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTsN 8 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10633–10638.

Aulya, M. R., Nizaruddin, & Utami, R. E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 28–46.

Dewanti, S. C., & Sholiha, U. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Koordinat Kartesius di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(3), 65–75. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Effendy, E., Aisyah, N., Manurung, R. S., & Nasution, R. (2023). Konsep Informasi Konsep Fakta Dan Informasi. 5(2), 5723–5729.

Fadila, D. S. N., Riyadi, Prasetyo, K., & Suprijono, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP. Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 171–180.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). TEORI-TEORI PSIKOLOGI. Ar-Ruzz Media.

Hasyim, P. H., & Abadi, A. P. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Journal on Education, 06(01), 4877–4883.

Khodijah, S., & Hakim, A. R. (2024). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 56–64.

Khoiriah, M. L. (2022). PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA SMP/MTS. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 45. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.45-50

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Liberna, H., & Lestari, W. (2024). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF CONCEPTS DAN LINGKUNGAN BELAJAR. LEMMA, 10(2), 120–133.

Lutfi, A., Sari, A. A. I., Stiadi, E., & Lestary, R. (2022). MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 308–315. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.308-315

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265

Medila, S., Suryani, M., & Hamdunah. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29458–29466.

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–4.

Munthe, D. Y., & Rahma, I. F. (2023). Kreativitas Guru Matematika Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Di SMP Swasta Imelda. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 714–724. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/index

Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140–147. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nuria, S., Firman, & Desyandri. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wordwall pada Pembelejaran Matematika di SDN Percobaan Padang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2264–2273.

Oktaviana, R. A., Riskiana, D., & Rachmawati, A. (2023). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 92–101.

Pranoto, S. E. (2020). PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI GLOBALISASI KELAS XII IPS SMA DARUL HIKMAH KUTOARJO. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 4(1), 25–38.

Pratiwi, A. S., & Musfiroh, T. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA GAME DIGITAL EDUKATIF UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal LingTera, 1(2), 123–135.

Rohman, Syaifudin, & Astiswijaya, N. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Di SMA Negeri 14 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 165–173.

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Percaya Diri terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 73–84.

Romlah, S., & Novtiar, C. (2018). HUBUNGAN ANTARA SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 4 BANDUNG BARAT. Nusantara of Research, 5(1), 9–15. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor

Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs DARUL ULUM MUHAMMADIYAH GALUR. Jurnal Intersections, 5(2), 26–37.

Sipahutar, C. E., & Mukhtar. (2023). Application of the Game Based Learning Model to Improve Students’ Concept Understanding Ability at SMP Negeri 35 Medan. Formosa Journal of Science and Technology, 2(2), 569–578. https://doi.org/10.55927/fjst.v2i2.2713

Siregar, S. H., & Rajagukguk, W. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(2), 71–82. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm

Subawo, M., Sirad, L. O., & Asizah, D. N. (2022). PENGARUH SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 4(2), 65–71. https://doi.org/10.30598/jumadikavol4iss2year2022page65-71

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sukmawati, E., & Mulyono, R. (2023). Media Game Sebagai Stimulus Otak Tercepat untuk Meningkatkan Daya Tangkap Belajar Anak Erlina Sukmawati, Rahmat Mulyono Media Game Sebagai Stimulus Otak Tercepat untuk Meningkatkan Daya Tangkap Belajar Anak. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 880–893. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.508

Supriatna, Y., Noornia, A., Deasiyanti, & Lamria. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN KONSEP DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Visipena, 10(2), 218–228.

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONCEPT MATEMATIS SISWA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512–525.

Syafa’atun, & Nurlaela. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(19), 430–436. https://doi.org/10.5281/zenodo.7180813

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Januar Saputra, H. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA MONERGI (MONOPOLI ENERGI) UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136–144.

Wandini, R. R., Damanik, E. S. D., Daulay, S. H., & Iskandar, W. (2021). THE EFFECT OF SNAKE AND LADDER GAME ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN STUDYING OF ISLAMIC HISTORY “FATHU MECCA” AT THE ELEMENTARY SCHOOL MUHAMMADIYAH, NORTH SUMATERA, INDONESIA. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 169–180. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.637

Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). INTEGRATED (Information Technology and Vocational Education) Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa new normal. INTEGRATED (Information Technology and Vocational Education), 3(1), 17–22.

Widiana, I. W. (2022). Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.48925

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198.

Zahro, N. A. Q., & Pratama, A. R. (2023). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 6596–6604.

Downloads

Published

2025-01-26

How to Cite

Dewi Nafla Salsabila, A., & Agoestanto, A. (2025). STUDI LITERATUR: MODEL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KONSEP DIRI SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 77–85. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/6772

Issue

Section

Articles