PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH TIPE OPEN ENDED PADA SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS TINGKAT TINGGI DAN RENDAH
Keywords:
Berpikir Kreatif, Soal Open Ended, Kemampuan Matematis Tingkat Tinggi dan rendahAbstract
Untuk menentukan seseorang mempunyai kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari berbagai aspek, yaitu kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), elaborasi (elaboration). Penelitian ini bertujuan utnuk menentukan profil kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah tipe open ended pada siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan matematis. Berpikir kreatif dapat ditingkatkan melalui penyelesaian soal open ended. Tahapan penyelesaian masalah menurut Polya ada 4 tahap, yaitu : memahami soal, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan soal sesuai rencana, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subjek penelitian ada 27 siswa kelas VIII yang selanjutnya dipilih 3 siswa yaitu, 1 siswa tinggi, 1 siswa sedang dan 1 siswa rendah berdasarkan kemampuan matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan matematika, tes soal open ended dan pedoman wawancara. Hasil tes dan wawancara 1) Subjek dengan kemampuan matematika tinggi mempunyai kemampuan berpikir kreatif subjek mampu memenuhi aspek kelancaran (fluency), keaslian (originality), kelenturan (flexibility) dan elaborasi (elaboration) 2) Siswa dengan kemampuan matematika rendah mempunyai kemampuan berpikir kreatif subjek mampu memenuhi aspek kelenturan (flexibility) dan keaslian (originality)