PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA SMP BERBASIS BUDAYA SUMATERA UTARA
Keywords:
buku ajar, budaya Sumatera UtaraAbstract
Tujuan umum dalam artikel ini adalah mendeskripsikan secara mendalam proses pengembangan buku ajar Matematika SMP kelas VII berbasis Kearifan lokal budaya Sumatera Utara, serta Mendeskripsikan kualitas buku ajar matematikas SMP kelas VIII berbasis kearifan lokal budaya Sumatera Utara di kembangkan. Artikel ini berdasarkan data dari sebuah penelitian. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai jenis penelitian pengembangan dengan desain model 5 Fase. Prosedur pengembangan Meliputi tahapan pengkajian awal, tahap perencanaan, tahap realisasi/konstruksi, tahap tes, evaluasi dan revisi, tahap implementasi. Data .penelitian berupa dokumen proses pengembangan, dan data kualitas buku ajar dari validator serta calon pengguna. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui teknik validasi, observasi, angket dan tes dengan instrumen berupa lembar identifikasi, pemetaan KI, KD dan indikator-indikator, lembar pemerolehan bahan ajar, lembar validasi materi, lembar validasi penyajian, lembar validasi bahasa, lembar validasi kegrafikaan. Penganalisisan data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif kuantitatif secara berurutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan biku ajar meliputi tahap pendefinisian dengan hasil berupa peta kebutuhan pembelajaran; tahap perancangan dengan hasil draf buku ajar; dan tahap pengembangan dengan hasil berupa model final buku ajar. Kualitas buku ajar yang dikembangkan dinilai dari komponen materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Masing-masing komponen mendapat persentase 90%, 77,5%, 85%, dan 90%.