PERENCANAAN JALUR LINTASAN KERETA API DENGAN WESEL TIPE R54 PADA STASIUN PRUPUK

Authors

  • Taris Dwi Verdiana Universitas PGRI Semarang
  • Arifin Firmansyah
  • Ibnu Toto Husodo
  • Farida Yudaningrum

Abstract

Abstrak

Beberapa tahun belakangan Emplasemen Stasiun Prupuk tepatnya pada Koridor Prupuk-Purwokerto, dimana konstruksi wesel pada emplasmennya yang dipergunakan ialah wesel tipe rel R54, R33, dan R42 dengan sudut persilangan 1:10 dan 1:12, dengan bertambahnya mutu pelayanan perlintasan kereta api beberapa tahun terakhir ini, maka diperlukannya perencanaan wesel baru demi keamanan dan kenyamanan perlintasan tersebut, maka itu direncanakan wesel tipe R54 dengan sudut persilangan 1:14 untuk mengganti wesel lama. Setelah dilakukan analisa dan perhitungan, dihasilkan bahwa dapat menahan beban dari lokomotif sebesar 7 ton, maka perencanaan tersebut dapat digunakan. Perencanaan bantalan beton tipe N-67 dengan mutu beton 500 kg/ cm² dipilih karena mampu menahan beban gandar sebesar 18 ton, fish bold plat dipilih sebagai plat sambungan rel yang mana dalam perhitungan perencanaan dapat menahan tegangan tarik plat sebesar 38442,10 kg/cm², tegangan geser baut sebesar 773,67 kg/cm², dan tegangan tarik baut sebesar 483,54 kg/cm². Selain itu juga diperhitungkan untuk perancangan geometri wesel, dalam perhitungan perencanaan ini sudah memenuhi dan aman untuk perencanaan, dimana diketahui panjang jarum wesel senilai 2,95 m, dan panjang lidah wesel senilai 4,23 m.

Downloads

Published

2021-01-12

Issue

Section

Articles