Sistem Informasi Kearsipan Di Dinas Komunikasi Dan Komunikasi Kabupaten Grobogan
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Grobogan merupakan dinas yang menangani urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika, persandian dan statistik yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sektretariat Daerah. Pengelolaan arsip surat surat untuk Seksi Persandian dan Telekomunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Grobogan masih menggunakan cara konvesional yaitu berupa lembar form surat yang dikumpulkan kedalam almari rak dalam penyimpanannya, yang mana jika mencari data surat masuk maupun keluar memerlukan waktu yang cukup lama. Arsip sendiri merupakan pengelolaan catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai kegunaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengembangan sistem model waterfall. Dimana Metode waterfall ini diterapkan secara sistematis dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem dan implementasi. Dalam melakukan rancang bangun sistem informasi arsip surat ini penulis menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah pegawai dalam mendapatkan informasi tentang arsip surat, dan terciptanya sistem kearsipan surat yang lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan baik atasan maupun staff. Sehingga dihasilkan sebuah sistem terdigitalisasi berbentuk data informasi yang mempermudah dalam pengelolaan arsip surat baik surat masuk, surat keluar, laporan surat masuk, surat keluar dan pengelolaan pengguna sistem baik atasan maupun bawahan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Grobogan.