SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RULE BASED
Abstract
Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT-TIK) merupakan instansi yang memiliki Visi “Mewujudkan Universitas PGRI Semarang sebagai perguruan tinggi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang profesional, unggul dan berjati diri”. UPT-TIK merupakan aset penting bagi Universitas PGRI Semarang Khususnya bagian informasi dan komunikasi. UPT-TIK memiliki sebuah tugas salah satunya Mengelola dan menjamin kelancaran akses informasi dan komunikasi ke jaringan lokal Institut dan jaringan global bagi semua pengguna. Pada bagian pengaduan keluhan di UPT-TIK masih menggunakam sistem yang masih belum optimal karena pengaduan keluhan hanya sebatas keluhan yang bersifat langsung ke per devisi yang ada di UPT-TIK. Hal itu merupakan masalah yang harus di selesaikan karena banyak yang bingung,contoh soal pengaduan internet, harus mengadu kemana?. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah di UPT-TIK adalah dengan membuat sistem pelayanan pengaduan Berbasis Web. Fitur yang ada dalam sistem antara lain pilihan pengaduan,management data pengaduan,dan tanggapan admin. Metode pemprograman yang di gunakan adalah metode Rule based untuk pembuatan notifikasi pesan dan pop up validasi agar data informasi lebih efektif dan efisien. Dengan adanya Sistem tersebut diharapkan mampu untuk membantu layanan pengaduan yang ada di Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT-TIK).