PERENCANAAN GEOMETRI DAN TEBAL PERKERASAN JALAN ALTERNATIF DI KABUPATEN PATI
Abstract
Saat ini jalan merupakan salah satu sektor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, Sementara dilihat kondisi saat ini, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah jalur yang kurang mendukung. Perencanaan ini memiliki rumusan masalah bagaimana menentukan jalur alternatif, merencanakan dan menganalisa geometri jalan alternatif, dan merencanakan susunan tebal perkerasan jalan yang dibutuhkan pada jalan akternatif. Tujuan perencanaan ini adalah Untuk menentukan jalur alternatif, untuk merencanakan dan menganalisa geometri, dan untuk merencanakan susunan tebal perkerasan jalan yang di butuhkan pada jalan alternatif. Perencanaan ini menggunakan metode Tata Perencanaan Geometri Jalan Antar Kota 1997 untuk perencanaan Geometri dan AASTHO 1993 untuk tebal perkerasan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data – data sekunder dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pati. Jenis jalan Pati – Karangwotan merupakan jalan kolektor dengan spesifikasi jalan, lebar perkerasan 2 x 3,5 m, dengan kecepatan rencana 60 km/jam dan direncanakan memiliki tikungan sebanyak 6, Alinyemen horizontal terdiri dari 3 tikungan S – C – S dan 3 tikungan S – S, perencanaan jalan Pati – Karangwotan direncanakan menggunakan perkerasan lentur (flexsibel pevement) dengan bahan ; 1) Surface course : LASTON, 2) Base course : Batu pecah kelas A, (CBR = 100%) , 3) Subbase course : Material sirtu/pitrun (CBR = 70%), dengan tebal perkerasan yang didapat tiap lapisan ; 1) Surface course : 8,75 cm, 2) Base course : 15 cm, 3) Subbase course : 15 cm.
Kata Kunci : jalan alternatif, geometri jalan, flexsibel pavement, AASTHO 1993