SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE DI KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG

Authors

  • Dion Ardy Ramadhan Universitas PGRI Semarang
  • Nugroho Dwi Saputro Universitas PGRI Semarang

Abstract

Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan di Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang, instansi yang bergerak di bidang pemilihan umum, mulai tanggal 1 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 1 Semptember 2021.Pengaduan Masyarakat terkait dengan pelayanan yang telah dilakukan, hal ini untuk menilai seberapa berhasil pelayanan dilakukan, selain untuk mengukur tingkat pelayanan sistem informasi pengaduan masyarakat juga bermanfaat untuk menampung aspirasi dari masyarakat Kota Semarang, hal ini penting dilaksanakan karena selama ini pengaduan dilakukan hanya menggunakan kotak saran, yang mana masyarakat harus menulis dan mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang  terlebih dahulu untuk memberikan saran, tentunya ini tidak praktis, selain itu terkadang petugas Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang juga enggan untuk mengecek aduan masyarakat ini karena masalah yang menumpuk dan banyaknya aduan tidak terorganisir dengan baik maka dari itulah sistem informasi pengaduan masyarakat ini sangat dibutuhkan agar pengaduan bisa lebih cepat ditangani dan langsung tepat sasaran, sehingga pelayanan Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang  pun menjadi lebih baik, dalam penelitian ini dipilih berbasis website dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak SLDC Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu proses analisis masalah.Tahap kedua yaitu proses perancangan sistem, Dan tahap terakhir implementasi sistem.Diharapkan dengan adanya sistem informasi pengaduan masyarakat ini maka pelayanan di Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang menjadi lebih baik, dan masyarakat menjadi lebih puas dengan pelayanan yang ada.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengaduan Masyarakat, SLDC

Downloads

Published

2022-02-24

Issue

Section

Articles