ANALISIS DAN PENERAPAN E-COMMERCE DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS : ARLOVA SKINCARE)
Abstract
Arlova adalah sebuah usaha dibidang skincare atau perawatan kulit terutama daerah wajah.berdasarkan hasil penelitian telah ditemukan beberapa kasus dalam perencanaan bisnisnya yaitu masih dirasa kurang efektif karena salah satu dari anggota mengusulkan untuk transaksi pemesanan barang masih menggunakan metode whatsapp serta cara promosi produk Arlova masih menggunakan media sosial seperti Instagram dan Tiktok. Tujuan untuk membangun sistem E-Commerce ini adalah untuk memperluas pasar dan mempermudah konsumen untuk memesan barang. Dalam melakukan pemecahan masalah tersebut penulis menggunakan metode Business Model Canvas. Penelitian ini menggunakan tools UML (Unified Modelling Language) dalam perancangannya. Sehingga menghasilkan sebuah website yang dapat digunakan untuk bertransaksi dan promosi secara online dengan fitur pemesanan dan pemillihan produk sesuai kategori yang diinginkan tanpa perlu konfirmasi stok melalui whatsapp.
Kata Kunci: Business Model Canva, Bahasa Pemrograman PHP, E-Commerce