SISTEM INFORMASI PENGADUAN PELANGGAN PDAM TIRTA BENING

Authors

  • Fadli Ardia Sandy Universitas PGRI Semarang
  • Khoiriya Latifah Universitas PGRI Semarang

Abstract

Pengaduan  gangguan sering  dilakukan  oleh  pelanggan  secara  manual  kepada  bagian hubungan  langganan  dengan  datang  langsung  ke kantor  PDAM  Tirta Bening  kemudian pengaduan tersebut akan didistribusikan kepada Direktur Teknik. Berdasarkan masalah tersebut maka dibangun suatu sistem informasi pengaduan pelanggan PDAM Tirta Bening berbasis web yang   dapat   memudahkan   pelanggan   melakukan   pengaduan   gangguan   dan   untuk memudahkan petugas dalam pendistribusian. Sehingga menghasilkan data pengaduan yang tepat dan efesien. Sistem informasi pengaduan Pelanggan PDAM Tirta Bening berbasis web ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dengan spesifikasi sistem Framework Codeigniter, Database MySQL dan Xampp/PHP v3.3.0. Serta dirancang menggunakan Entity Relationship Diagramdan Data Flow Diagram. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fungsionalitas sistem berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengaduan Pelanggan, PDAM Tirta Bening

Downloads

Published

2022-02-24

Issue

Section

Articles