PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOUNCING BALL ANIMATION BERBASIS WEB SEBAGAI PENDUKUNG MATA KULIAH ANIMASI 3D PROGRAM STUDI ANIMASI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG
Abstract
Perkembangan teknologi website saat ini memudahkan kita untuk dapat mengakses informasi secara online kapanpun dan dimanapun kita berada selama kita terkoneksi dengan internet. Materi pembelajaran bouncing ball merupakan materi paling dasar dalam mata kuliah animasi 3d 1 pada progam studi animasi yang wajib dipahami oleh mahasiswa sebelum mempelajari materi yang lebih kompleks. Adanya pandemi covid-19 belakangan ini memaksa pembelajaran yang semula dapat dilaksanakan tatap muka menjadi secara daring. Dengan wajibnya pembelajaran daring ini dikhawatirkan mengurangi pemahaman mahasiswa terhadap materi bouncing ball. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran animasi bouncing ball berbasis web sebagai usaha untuk menambah pemahaman mahasiswa terhadap materi ini. Perangkat lunak yang digunakan dalam membangun media pembelajaran ini antara lain google sites, google form, photoshop, filmora, bahasa pemrograman HTML dan java script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE meliputi tahap analisis, desain, development atau pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya media pembelajaran animasi bouncing ball berbasis website yang memudahkan mahasiswa dalam mengakses materi pembelajaran, mengumpulkan tugas dan mengirim pertanyaan seputar materi.
Kata Kunci: media pembelajaran, bouncing ball,