Sistem Informasi Permohonan Sambungan Baru Dan Pengaduan Pelanggan Pada PDAM Kabupaten Pati Berbasis Web
Abstract
Perumda Air Minum Tirta Bening (PDAM) adalah salah satu unit usaha milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM dapat dijumpai disetiap provinsi, kabupaten , maupun kotamadya di seluruh Indonesia. Masyarakat sesekali sulit memperoleh informasi PDAM, sehingga diperlukan suatu layanan agar masyarakat dapat melakukan pengaduan terkait kendala yang dialami dengan mudah dan efisien. Pengelolaan Data Permohonan sambungan baru dan pengaduan pelanggan Perumda Tirta Bening berbasis web yang dapat mempermudah pelanggan dalam mengetahui informasi sistem pelaporan sambungan baru dan pengaduan menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan adanya sistem ini pelanggan bisa mengakses informasi melalui website tanpa harus datang ke kantor PDAM. System informasi sambungan baru dan pengaduhan pelanggan dibangun dengan Bahasa pemrogaman PHP, MySQL dan Sublime Text sebagai code editor . Penelitian ini menggunakan metode Waterfall Communication yang merupakan salah satu jenis model pengembangan aplikasi dan termasuk ke dalam classic life cycle (siklus hidup klasik). Metode ini menekankan pada fase yang berurutan dan sistematis. Untuk model pengembangannya, dapat dianalogikan seperti air terjun, dikerjakan secara berurutan mulai dari atas hingga ke bawah. Hasil Penelitian ini adalah sebuah system berbasis web yang memudahkan customer untuk melihat perkembangan project yang sedang dikerjakan dan dokumentasi project menjadi terorganisir.