Membangun Website E-Commerce Spare Part Yamaha Max’s Garage Semarang Dengan Menggunakan Metode UCD (User Centered Design)
Abstract
Bengkel Motor Yamaha Max’s Garage adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Lebih tepatnya dalam hal after sales seperti perawatan sepeda motor dan juga penjualan spare part. Dalam perjalanannya, Yamaha Max’s Garage masih melakukan penjualan spare part secara manual. Dengan perkembangan teknologi dan kemajuan zaman, dibutuhkan sebuah E-Commerce. E-Commerce sendiri adalah sebuah sistem yang memungkinkan pembeli untuk bisa bertransaksi atau membeli spare part secara online. Penggunaan media berupa Website E-Commerce bisa dimanfaatkan untuk media penjualan yang ramah. Tujuan pembuatan Website E-Commerce Spare Part Yamaha Max’s Garage yakni membuat media untuk menawarkan dan bertransaksi produk-produk spare part milik Yamaha Max’s Garage ke konsumen secara online dan juga merekam database konsumen. Metode yang digunakan adalah UCD (User Centered Design) dengan pendekatan menggunakan metode research and development. Bahasa yang digunakan dalam pembentukan Website E-Commerce Spare Part Yamaha Max’s Garage berupa PHP, dan CSS, serta database yang tertampung pada Localhost PHP My Admin dengan menggunakan perancangan UML (Undifine Modeling Language). Berdasarkan penelitian dan uji coba yang dilakukan oleh Pihak Manajemen dan Pegawai Yamaha Max’s Garage. Diketahui website telah berjalan baik.