Implementasi Metode System Usability Scale (Sus) Dalam Pengujian Website Fatikha Sweet Honey
Abstract
Website menjadi salah satu media digital marketing yang banyak digunakan termasuk Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) untuk terus bertahan di tengah persaingan ketat. Fatikha Sweet Honey merupakan salah satu UMKM yang menggunakan website sebagai media informasi, komunikasi serta transaksi produk madu, menggeser facebook dan instagram yang digunakan sebelumnya. Website yang dimiliki tergolong baru dan belum diuji ke pengguna, sehingga belum diketahui kualitas dan nilai kemanfaatannya. Padahal, sebuah website harus diuji ke pengguna untuk mengetahui seberapa bagus usability nya sehingga berfungsi sebagaimana mestinya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan kajian usability menggunakan metode kuantitatif, didukung metode kuesioner tertutup yang disebar kepada 50 responden. Teknik kuesioner yang dipilih yaitu System Usability Scale (SUS) yang relevan dengan produk berbasis interface termasuk website. Berdasarkan hasil kuesioner, nilai akhir yang diperoleh menunjukkan bahwa website Fatikha Sweet Honey baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil penelitian ini bisa dikembangkan lebih lanjut untuk memperbaiki desain website atau mengembangkannya menjadi aplikasi agar lebih mudah diakses.