Sistem Informasi Pengajuan Jadwal Shifting Pada Agent Deskcall Berbasis Web Di PT. Swakarya Insan Mandiri Cabang Semarang

Authors

  • Rhohma Dianingtyas Universitas PGRI Semarang
  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang

Abstract

PT. Swakarya Insan Mandiri cabang semarang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa outsourcing management process atau sumber daya manusia. Kebutuhan teknologi informasi merupakan suatu hal yang tak terhindarkan lagi di era globalisasi. Semua instansi baik pemerintahan maupun swasta mulai beralih menggunakan teknologi informasi yang membantu pekerjaan. Tak terkecuali pada PT. Swakarya Insan Mandiri, pada perusahaan swasta ini terdapat kesulitan dalam penjadwalan shifting yang dilakukan oleh Team Leader (TL) kepada agent deskcall. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi system informasi pengajuan jadwal shifting berbasis web dimana untuk memudahkan Team Leader melakukan penginputan data serta pengajuan shifting ini dapat dilakukan secara online. System informasi ini dibuat dengan menggunakan metode waterfall yang merupakan salah satu model System Development Life Cycle (SDLC) dan permodelan Unified Modelling Language (UML) sebagai tools nya berupa flowchart, class diagram dan use case diagram. Metode waterfall menggunakan pendekatan sistematis dan berurutan. Tahapan metode waterfall antara lain requirement, design, implementation, verification dan maintenance. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Sistem informasi pengajuan jadwal shifting berbasis web berhasil dirancang serta dibangun menggunakan metode waterfall dan model Unified Modelling Language (UML) yang ada pada tahap pembangunan perangkat lunak, dan pencapaian hasil, menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai database nya, serta dapat membantu Team Leader dalam memproses dan mengolah data yang masuk dapat tersimpan denga naman di database.

Downloads

Published

2023-02-08

Issue

Section

Articles