E-Rekomtek Untuk Menentukan Progres Dokumen Teknis di BBWS Pemali Juana Menggunakan Metode Rule Base

Authors

  • Muhammad Iqbal Fachrezi Universitas PGRI Semarang
  • Khoiriya Latifah Universitas PGRI Semarang

Abstract

Pelayanan yang baik dalam sebuah instansi merupakan salah satu aspek penting yang harus dipenuhi oleh sebuah instansi itu sendiri guna memuaskan para client. Kekurangan dalam pelayanan biasanya ditandai dengan banyaknya protes dari para client. Maka dari itu, kesadaran untuk mengembangkan sebuah pelayanan harus ditingkatkan demi keberlangsungan operasional instansi tersebut. BBWS Pemali Juana menggunakan sistem E-Rekomtek untuk melayani permohonan dokumen teknis secara online. Namun, masih ada kekurangan pada fitur dan perlu pengembangan untuk menjadi lebih kompleks. Hasil yang diperoleh dari penelitian untuk pengembangan ini adalah merenovasi E-Rekomtek dan menambahkan fitur Tracking yang sesuai dengan kebutuhan instansi sehingga dapat memudahkan dari berbagai sisi. Dari sisi client dapat dengan mudah memantau progres permohonan dokumen teknis hanya denga fitur tracking dalam aplikasi E-Rekomtek tersebut. Dari sisi instansi pun dapat memudahkan dalam menyajikan informasi progres mengenai dokumen teknis. E-Rekomtek berbasis website ini dibangun menggunakan framework, yakni menggunakan bootstrap. Sebagai pengolahan databasenya menggunakan MySQL. Data yang dikelola dalam database saling terkoneksi dengan halaman website E-Rekomtek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dikembangkannya E-Rekomtek BBWS Pemali Juana dengan menambahkan fitur Tracking guna untuk memudahkan client dalam pemantauan dokumen teknis hanya dari aplikasi E-Rekomtek.

 Kata Kunci : BBWS, E-Rekomtek, Tracking, Pelayanan.

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles