Sistem Pengaduan Masyarakat di Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang
Abstract
Pengaduan saat ini umumnya masih menggunakan tatap muka sehingga masyarakat harus datang ke instansi tersebut untuk melakukan pengaduan. sedangkan masyarakat banyak yang tidak tau tentang birokrasi pemerintahan kota hal ini menjadi masalah terjadinya kesalahan pengaduan masyarakat yang tidak sesuai jalur birokrasinya, sehingga pengaduan masyarakat kurang ditanggapi oleh pihak instansi. Karena itu penulis tertarik untuk memberikan sebuah solusi dari persoalan tersebut maka dibuatlah aplikasi pengaduan masyarakat. aplikasi pengaduan masyarakat dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pengaduan tanpa harus datang ke instansi dan pengaduan dapat disampaikan sesuai jalur birokrasi instansi. Proses pengembangan system ini menggunakan software sublime text, MYSQL, XAMPP, dan Web Browser. Metode peneliti menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dalam melakukan perancangan aplikasi dengan model proses Waterfall. Hasil dari pembuatan aplikasi pengaduan masyarakat ini, masyarakat dapat melakukan pengaduan dengan lebih mudah dan dapat dilakukan dimanapun tanpa ada batasan jam kerja, selain itu, kinerja pegawai instansi juga akan lebih cepat dan tepat untuk menanggapi pengaduan dari masyarakat.
Kata kunci : Aplikasi, Birokrasi, Waterfall, Pengaduan Masyarakat