Aplikasi E-Perpus Berbasis Mobile Balai Diklat Keagamaan Semarang
Abstract
Perpustakaan digital merupakan istilah yang sudah sangat dikenal di kalangan pustakawan dan para pengguna perpustakaan. Pengolahan bahan perpustakaan di era digital menuntut kecepatan dan ketepatan sesuai dengan harapan pemustaka di era milenial. Perkembangan internet dan perkembangan sumber informasi baru begitu cepat sehingga menuntut perpustakaan untuk melakukan suatu langkah perubahan, baik dalam bentuk koleksi maupun dalam hal pola pelayanannya. Perpustakaan Balai Diklat Keagamaan Semarang pada awalnya berupa website dalam pengolahan bahan perpustakaan. Dalam sistem yang ada sebelumnya, pengguna harus menggunakan browsernya terlebih dahulu untuk mengakses E-Perpus baik melalui smartphone maupun komputer, namun seiring berjalannya waktu melihat dari perkembangan smartphone yang ada, Balai Diklat Keagamaan Semarang menginginkan adanya pengembangan aplikasi tersebut agar dibangun berbasis android sehingga pengguna dapat lebih mudah mengakses aplikasi tersebut. Dalam pengembangan aplikasi ini, metode yang digunakan yaitu prototype desain, kemudian dikembangkan dengan menggunakan software Android Studio untuk pembuatannya. Prototype atau prototipe adalah sebuah metode dalam pengembangan produk dengan cara membuat rancangan, sampel, atau model dengan tujuan pengujian konsep atau proses kerja dari sistem. Setelah dilakukan perancangan Aplikasi E-Perpus Balai Diklat Keagamaan Semarang berhasil dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Aplikasi E-Perpus dapat menjalankan perintah sesuai yang direncanakan yaitu menyimpan data buku dan menampilkan buku yang hendak dibaca. Sistem ini dapat mulai diimplementasikan dan digunakan di Balai Diklat Keagamaan Semarang.
Kata Kunci : Aplikasi Mobile, Perpustakaan, Android