Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Di PT. Indosat Persero Tbk Gerai Pandanaran Semarang
Abstract
PT. Indosat Persero Tbk Semarang adalah salah satu perusahaan provider terbesar di Indonesia sehingga harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan, salah satunya adalah pelayanan pengaduan pelanggan. Tidak semua masyarakat Indonesia mengenal web Indosat yang mengcover semua layanan. Sehingga pada Gerai Indosat Pandanaran memerlukan pelayanan pengaduan pelanggan yang berbasis web. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu, System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem dan pengujian sistem. Pengembangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrogaman PHP, databasenya menggunakan MySQl, serta menggunakan template Bootstrap. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pengaduan terhadap pelayanan di PT. Indosat Persero Tbk Semarang, sebagai solusi maka penulis mengembangkan sistem informasi yang ditujukan untuk menerima pengaduan dari pelanggan. Perancangan menggunakan UML (unfield Modeling lenguage) yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Diharapkan dengan adanya sistem informasi pengaduan pelanggan maka pelayanan di PT. Indosat Persero Tbk Semarang menjadi lebih baik, dan pelanggan menjadi lebih puas dengan pelayanan yang ada.
Kata Kunci: Keluhan Pelanggan, Sistem Informasi, Website